Sayur Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Sayur Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Replantingtherainforests –┬áHalo, apakah disini ada yang punya penyakit asam urat? Gout adalah penyakit radang sendi yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah tinggi.

Kondisi tersebut disebabkan oleh pembentukan dan akumulasi kristal di dalam dan sekitar sendi. Asam urat diproduksi saat tubuh memecah bahan kimia, dan bahan kimia ini murni.

Apa itu purin? Purin sering muncul secara alami di dalam tubuh, tetapi juga dapat ditemukan pada makanan tertentu. Asam urat harus dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Berikut beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat:

1. Asparagus

Sayuran yang pertama adalah asparagus, asparagus memiliki kandungan asam folat dan potasium yang tinggi. Asparagus juga merupakan sayuran yang menjadi makanan pantangan bagi penderita asam urat.

Adakah yang tidak bisa dilarang oleh sayuran ini? karena kandungan purinnya cukup tinggi makanya dilarang. Dalam 100 gram asparagus terdapat sekitar 23 gram puri kalau tidak salah.

2. Bayam

Sayuran kedua yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat adalah bayam. Sayuran berdaun hijau ini kaya akan zat besi, lutein, dan vitamin C. Namun sayangnya, bagi penderita asam urat, bayam menjadi salah satu sayuran yang perlu dikhawatirkan.

Ini karena kandungan purinnya sangat tinggi. Dalam 100 gram bayam terdapat kurang lebih 57 gram tambahan purin.

3. Kembang kol

Sayuran ketiga yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah kembang kol yang merupakan sayuran yang dilarang untuk penderita asam urat. Kandungan purin pada sayuran ini sangat tinggi yaitu 51 gram per 100 gram kembang kol sobat.

4. brokoli

Sayuran keempat yang tidak boleh dimakan penderita asam urat adalah brokoli. Brokoli sebenarnya merupakan salah satu sayuran hijau yang rendah purin, sehingga masih sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hanya saja, penderita asam urat tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Jika dikonsumsi secara terus menerus, bukan tidak mungkin lagi jika menyebabkan gejala asam urat muncul kembali.

5. Jamur

Sayuran keempat yang tidak boleh dimakan penderita asam urat adalah jamur. Mengapa jamur termasuk makanan yang diharamkan bagi penderita asam urat? Karena jamur ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi di setiap sajiannya.

Inilah sebabnya mengapa penderita asam urat terpaksa menghindari sayuran yang dicampur dalam berbagai masakan tersebut.

6. kacang polong

Sayuran keenam yang tidak boleh dimakan penderita asam urat adalah kacang polong. Kacang polong sering dijumpai pada masakan tumis, boleh atau tidak, hehe. Tidak disarankan untuk mengonsumsi sayuran renyah jenis ini secara berlebihan.

Batas aman konsumsi legum adalah 85 gram dan tidak lebih dari lima kali seminggu. Untuk mengontrol asam urat, Anda bisa mengganti sayuran lain yang lebih renyah dan memilih sayuran rendah purin, seperti zucchini, batang seledri, dan wortel yang lebih aman.

Terlalu banyak asam urat yang menumpuk di dalam tubuh juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah, memicu radang sendi. Jadi itu tidak terjadi. Anda harus menghindari pantangan asam urat.

Referensi:

Berita Riau